Pemilihan Processor Untuk Gaming

Kebanyakan orang yang bermain game, hanya memperhatikan tentang RAM. Padahal, terdapat hal lain yang harus diperhatikan, salah satunya soal Processor. Sama halnya dengan RAM, Processor dibutuhkan untuk memberikan performa terbaik saat bermain game. Prodcessor yang ada di pasaran saat ini sangatlah beragam, dari merk hingga model yang dimilikki. Karena banyaknya model dan merk ini tentu membuat Anda bingung memilih processor untuk gaming terbaik. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan membaca artikel ini, akan ditemukan processor terbaik.

 

5 Tips Memilih Processor Untuk Gaming

Kami telah rangkumkan beberapa cara untuk memilih processor terbaik. Sehingga akan didapatkan processor yang sesuai dengan kebutuhan dan akan berikan performa terbaik. Berikut informasinya,

  1. Merek Processor

Di pasaran, terdapat dua perusahaan processor yang sangat besar. Keduanya tentu memiliki model dan harga yang beragam. Namun tetap memberikan kualitas yang terbaik. Kedua perusahaan yang dimaksud adalah Intel dan AMD. Dari kedua perusahaan ini, Anda harus memilih salah satu diantaranya. Untuk konsumen yang memiliki dana minim, sebaiknya gunakan processor AMD seri FX. Sedangkan untuk yang berdana besar, sebaiknya gunakan processor Intel.

Amd dan Intel

  1. Generasi Dari Processor

Berikutnya, Anda perlu memperhatikan tentang generasi dari processor tersebut. Semakin generasi baru dikeluarkan, maka generasi processor semakin baik, dan sebaliknya. Namun pemilihan generasi ini harus dilakukan sesuai dengan dana yang dimilikki. Karena, semakin baru sebuah generasi dari processor, semakin mahal pula dana yang harus dibayarkan.

  1. Overclocking

Dalam pemilihan processor, Anda harus pandai-pandai memilih processor yang dapat oveclocking. Overclocking adalah kegiatan untuk meningkatkan kecepatan processor yang digunakan. Misalnya, kecepatan standar dari processor tersebut adalah 3.4GHz kecepatan ini dapat ditingkatkan hingga 3,9GHz. Namun, untuk meningkatkan kecepatan ini perlu dipasang pendingin yang sesuai. Contohnya, Core 4, Chace 6Mb dan yang lainnya.

  1. Kinerja Processor

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perusahaan processor yang terbesar saat ini adalah Intel dan AMD. Keduanya memang memiliki kualitas yang baik, namun Intel memiliki kualitas terbaik dibandingkan AMD. Jenis processor yang terbaik untuk digunakan adalah Intel i5 dan i7. Keduanya dipercaya akan berikan performa terbaik saat bermain game. Namun, dari kedua processor tersebut i7 tetaplah yang terbaik.

Sayangnya, jika dibandingkan dengan processor AMD, processor Intel tersebut memiliki harga yang mahal. Begitu pula jika harga i5 dibandingkan dengan harga i7, dimana harga i7 lebih mahal dibandingkan i5. Jadi, jika ingin memiliki produk ini, sebaiknya Anda siapkan dana dalam jumlah besar.

  1. Pendingin Processor

Saat menggunakan processor untuk gaming, Anda harus menjaga agar processor dan komputer tidak mengalami overheating. Seperti yang diketahui, processor akan mengalami panas saat digunakan untuk bermain game. Untuk itu, penting untuk memilih pendingin yang dapat digunakan sehingga overheating tidak terjadi.

Panas yang ditimbulkan dari processor ini dapat menganggu kinerja komponen komputer lainnya. Karenanya, Anda penting untuk memperhatikan pendingin yang dapat berkerja dengan cepat. Sehingga tidak ada komponen lain yang menjadi korban dari overheating tersebut. Hal ini perlu diperhatikan dalam memilih processor untuk gaming. Sehingga tidak perlu dikeluarkan dana lebih untuk perbaikan.

processor laptop

Lantas bagaimana cara memilih processor untuk laptop gaming?

Tadi sudah dijelaskan beberapa cara memilih processor gaming, namun mungkin ada beberapa orang yang masih kebingungan untuk melihat dan mencari spesifikasi processor yang pas diharganya juga didalam spesifikasi laptop biasanya hanya disebutkan Intel atau AMD dengan typenya saja.

Ditambahlagi processor di laptop tidak dapat diganti. Oleh karena itu anda harus jeli melihat lebih dalam jenis processor yang tertanamnya agar tidak menyesal kemudian. Ok dibawah ini beberapa yang harus diperhatikan dalam pemilihan processor untuk laptop gaming :

1. Type Processor (Generasi)

Pertama anda dapat melihat yang terlihat dulu yaitu type processor yang biasanya bisa dilihat di spesifikasi yang tercantum dalam box. Untuk intel biasanya tercantum pentium, i3, i5, dan i7 yang membedakan dari keempat type processor tadi ialah jumlah core dan besarnya cache. Pentium dan i3 umumnya memiliki jumlah core dua alias dual core dan rata rata memiliki cache sebesar 3 MB, intel i5 dan i 7 tertanam core berjumlah quad core alias 4 core dengan cache sebesar 6 MB sampai dengan 15 MB. Namun itu tidak mutlak, terkadang yang membedakan ialah kecepatannya yang bertambah besar. Anda bisa me recheck di webnya intel.com

Sama halnya dengan intel, AMD juga tercantum typenya seperti seri X, type K atau BE, dan tipe APU. Mari kita kupas. Seri X menandakan jumlah corenya contoh X2 corenya ada 2, X4 corenya berjumlah 4, begitu seterusnya. Jika tercantum K atau BE berarti processor AMD tersebut mudah untuk di overclock. Dan terakhir jika tercantum APU seperti Trinity, Liano, maka processor AMD tersebut sudah memiliki integreted gpu on board yang memadai untuk bermain game.

Terakhir untuk processor intel dapat memperhatikan satu digit pertama dalam setiap processor. Seperti Intel Core i5 8008. Digit pertama menandakan generasi dari processor tersebut. Semakin besar generasi semakin bagus pula proc yang digunakan. Walaupun memilik kecepatan yang sama, generasi terbaru lah yang paling OK karna dirancang oleh teknologi terbaru. Untuk generasi dalam amd bisa di cek di web resmi nya amd.com

2. Jumlah Core

Apa itu core? core adalah jumlah unit processing yang membaca dan menjalankan intruksi berada dalam sebuah processor. Setiap core memiliki kecepatannya sendiri. Semisal Intel i5 berkecepatan 3.0 GHz memiliki 4 core. Maka setiap core memiliki kecepatan 3 GHz. Jika keperluan bermain game maka dapat dikatakan benar jika banyaknya core maka bertambah lancarnya dalam bermain. Kenapa demikian? Karena game game keluaran sekarang telah mensupport penggunaan core dalam processor lebih dari 4.

Arti yang melambangkan jumlah core biasanya tertulis dalam spesifikasi laptop :

  • dual core =  2 core
  • quad core = 4 core
  • hexa core = 6 core
  • octo core = 8 core
  • deca core = 10 core

3. Kecepatan Processor

Kecepatan dalam sebuah processor biasanya memiliki satuan GHz diabaca gigaherz. Ya tentu saja kecepatan sangat mempengaruhi performa laptop. Percuma saja jika sebuah processor memiliki banyak core namun kecepatannya hanya 1 GHz. Ditambah lagi tidak semua program dapat berjalan dalam multi core. Kesimpulannya pilihlah jumlah core terbanyak dan kecepatan tercepat untuk menyeimbangi keduanya.

4. Cache

Cache mempercepat akses intruksi dalam processor. Kenapa bisa demikian? Karena cache memiliki tugas seperti buffer yang mewadahi atau menyimpan sementara data/informasi kedalam proc sehingga dapat mempercepat pengerjaan intruksi tersebut karna mengambilnya dari buffer. Jadi semakin besar cache maka semakin cepat pula processor mengolah intruksi yang masuk.

List processor laptop gaming menurut harga laptop

Harga Processor Keterangan
3 Jutaan AMD A4 9120 Kecepatan 2.2 – 2.5 GHz, 2 core, 1 MB cache
4 Jutaan AMD A9 9420 Kecepatan 3.0 – 3.6 GHz, 2 core, 1 MB cache
5 Jutaan Core i3 6006U Kecepatan 2.0 GHz, 2 core, 3 MB smartcache
6-7 Jutaan Core i5 7200U Kecepatan 2.5 – 3.1 GHz, 2 core, 3 MB smartcache
8 Jutaan Core i5 8250 Kecepatan 1.6 – 3.4 GHz, 4 core, 6 MB smartcache
9 Jutaan AMD FX-9800P Kecepatan 2.7 – 3.6 GHz, 4 core, 2 MB cache
9 Jutaan AMD FX-9830 Kecepatan 3.0 – 3.7 GHz, 4 core, 2 MB cache
10 Jutaan Core i7-8550U Kecepatan 1.8 – 4.0 GHz, 4 core, 8 MB smartcache

Itulah beberapa tips untuk memilih processor yang siap digunakan untuk gaming. Namun, jika masih kebingungan untuk memilih processor untuk komputer gaming maupun laptop gaming, sebaiknya minta bantuan dari penjual. Biasanya mereka akan rekomendasikan produk terbaik dan sesuai dengan komputer yang digunakan.

 

Memlih VGA Gaming Untuk Komputer dan Laptop

Pemilihan GPU Untuk Gaming Dalam sebuah komputer gaming, grapihcs card adalah hal yang penting. Karena, hampir 80% kinerja komponen inilah yang menentukan performa komputer tersebut. Semakin tinggi grade dari VGA yang digunakan, maka semakin baik pula kinerja performa...

Memilih RAM Untuk Gaming Di Komputer Ataupun Laptop

Pemilihan RAM Untuk Gaming Laptop gaming adalah jenis komputer yang saat ini sedang booming. Banyak orang yang berlomba-lomba memilikinya untuk memainkan game kesayangan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengerti bahwa memiliki komputer gaming akan beriringan dengan...

Tips Memilih HDD Storage untuk Gaming

Pemilihan Hardisk Untuk Gaming Memilih hdd storage untuk gaming  merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan ketika akan membeli harddisk untuk kebutuhan bermain computer game. Pasalnya banyak sekali jenis harddisk yang dijual di pasaran. Sehingga Anda harus jeli dan...

For Developers 

Tak Ditemukan Hasil

Laman yang Anda rikues tak dapat ditemukan. Cobalah mengganti pencarian Anda, atau gunakan navigasi di atas untuk mencari postingan.

For IT 

Tak Ditemukan Hasil

Laman yang Anda rikues tak dapat ditemukan. Cobalah mengganti pencarian Anda, atau gunakan navigasi di atas untuk mencari postingan.

Join Our Newsletter for Updates & Offers

Pin It on Pinterest

Shares
Share This